Minggu, 09 Januari 2011

GUA GONG






          Satu diantara gua yang menjadi andalan pariwisata di Kabupaten Pacitan adalah gua Gong. Gua yang terletak di Dusun Pule Desa Bomo Kecamatan Punung, 37 Km arah barat Kota Pacitan, disebut-sebut sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Sehingga bisa disebut bahwa gua Gong adalah "gongnya" gua di Indonesia. Disebut sebagai gongnya gua, karena gua Gong memiliki keindahan yang istimewa dari gua-gua lain di tanah air. Keindahan gua Gong benar-benar fantastik.

Keindahan yang menjadi ciri khas gua Gong dari gua-gua lainnya di Indonesia, antara lain jenis stalaktit dan stalakmit yang masih hidup. Karena batuannya masih hidup, stalaktit dan stalakmitnya terus berair dan berkilau. Batu stalaktit dan stalakmit di gua itu pun sebagian berupa batuan keras.

Ornamen yang terbentuk dari stalaktit dan stalakmit juga indah. Ada yang mirip rambut, ada yang mirip otak, ada pula yang mirip benda-benda lain yang unik dan menarik.

Menyusuri ruang/lorong dalam gua Gong menimbulkan kekaguman. Gua terdiri beberapa ruang/tingkat. Di bagian bawah dalam gua terdapat sendang atau mata air yang dingin dan jernih. Konon ada yang meyakini bahwa air sendang gua Gong berkhasiat bisa menyembuhkan penyakit.

Yang tak kalah menarik dari gua Gong, sehingga gua itu disebut sebagai gua Gong adalah adanya batuan stalaktit/stalakmit yang bisa berbunyi mirip gong, bila dipukul tangan kosong. Sehingga untuk membuktikan itu, banyak diantara pengunjung yang sengaja memukul batu yang menggantung di langit-langit gua. Ternyata, meski dipukul pelan pun, batu di dalam gua Gong berbunyi. Bunyi batu terasa agak keras dan bergaung karena pengaruh dinding-dinding gua yang tiada ventilasinya tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut