Rabu, 05 Januari 2011

AIR TERJUN

  • Air Terjun Victoria 
            Salah satu di antara air terjun yang terindah di dunia terletak di Sungai Zambesi di Afrika. Di pertengahan sungai ini, antara Zambia dan Zimbabwe, air meloncat turun ke Air Terjun Victoria. Air terjun itu kerap dicatat sebagai salah satu keajaiban alam di dunia. Pada air  terjun ini lebar sungainya kira-kira 1,5 kilometer. Pada titik tertinggi air jatuh dari ketinggian 108 meter dan menuju sebuah ngarai karang. Bunyi air terjun itu bagaikan guruh dan awan percikan airnya tampak bagaikan asap putih tebal.
Penduduk setempat menamakan air terjun ini “Musi-oa-tunya” yang berarti “asap menggelegar”. Nama itu dipakai sebelum penjelajah David Livingstone melihat air terjun tadi untuk pertama kalinya lebih ari seratus tahun yang lalu. David Livingstone memberinya nama Air Terjun Victoria sesuai dengan nama Ratu Victoria dari Britania Raya.
Di Zambia, di dekat air terjun itu, ada hotel yang masih memakai nama Musi-oa-Tunya. Dari hotel itu engkau dapat berjalan turun ke air terjun untuk menikmati pemandangan serta mendengarkan bunyi “asap menggelegar” yang seumur hidup tak akan kau lupakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut